“Pertumbuhan dan perkembangan peserta didik”
Nama
: Rian Adi Saputra
NPM
: 202114500192
Kelas
: R2B
“Pertumbuhan dan perkembangan peserta didik”
ABSTRAK
Manusia merupakan selaku
makhluk sosial, yang tetap berhubungan dengan manusia yang lain dalam
masyarakat. Sosialisasi pada dasarnya pula ialah proses penyesuaian diri
terhadap kehidupan sosial. Dengankata laindan pula dengan demikian jelaslah
kalau ikatan sosial ialah ikatan antar manusia yang saling memerlukan, baik
dari golongan kanak- kanak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Sebutan pertumbuhan
tidak dapat dipisahkan juga secara tajam, namun bila mau dibedakan maka
pertumbuhan lebih mununjuk kepada pergantian fisik sebaliknya perkembangan itu
lebih mengarah kepada perubahan psikis yang dimana perubahan- perubahan
tersebut terjalin akibat dari kekuatan- kekuatan interen secara otomatis serta
kekuatan- kekuatan dari luar.
A.
PENGERTIAN
PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
Perkembangan serta pertumbuhan
merupakan dua sebutan yang biasanya
digunakan dalam psikologi. Sebagian analis memandang kedua sebutan dengan
metode yang tidak terduga, tetapi yang lain memandang sebutan pertumbuhan
selaku menggabungkan signifikansi pembangunan. Selaku ketentuan umum, kedua
sebutan ini mempunyai persamaan serta perbandingan. Perumpamaan selanjutnya
tersambung dengan perubahan pada orang tersebut. Perihal yang berarti merupakan
tipe pertumbuhan yang terjalin.
Perkembangan merupakan
meningkat keahlian ataupun skill yang di mana dalam struktur serta guna tubuh
yang lebih lingkungan dalam pola teratur serta pula dapat diramalkan sebagai
hasil proses pematanganya. Perkembangan menyangkut terdapatnya sesuatu ataupun
suatu proses pematangan sel- sel tubuh, jaringan tubuh, organ- organ, dan
sistem organ yang berkembang dengan menurut caranya, sehingga bisa penuhi
fungsinya.
Daele sebagaimana pula
dilansir Hurlock (1980:2) menyatakan bahwa “perkembangan berarti perubahan
secara kualitatif.” Berkembang ialah salah satu perubahan organisme ke arah
kedewasaan serta umumnya tidak dapat diukur oleh alat ukur. Contohnya ialah
pematangan sel ovum dan juga sperma ataupun juga pematangan hormon- hormon
dalam tubuh
Perkembangan juga ialah
sesuatu proses merata kala orang beradapatasi dengan lingkungannya.
perkembangan pula terjalin selama kehidupan manusia dengan tahapan tertentu.
Perkembangan manusia pula diawali semenjak dari masa bayi hingga umur lanjut
B.
PERKEMBANGAN
Manusia tidak sempat dalam
kondisi statis. Semenjak terbentuknya sesuatu proses pembuahan hingga dengan
meinggal, manusia senantiasa berganti serta hadapi perubahan. Perubahan
tersebut dapat menanjak, setelah itu terletak di titik puncak setelah itu pula
hadapi kemunduran.
sepanjang proses perkembangan
seorang anak terdapat sebagian karakteristik pergantian yang mencolok yaitu:
1.
Perubahan fisik
· Yaitu perubahan tinggi badan, berat badan, dan organ dalam tubuh lainnya misalnya otak, jantung, dan lain sebagainya
. · Yaitu
perubahan proporsi, Misalnya perubahan perbandingan antara kepala dan tubuh
pada seorang anak.
2.
Perubahan mental
· Perubahan yang meliputi yaitu : memori, penalaran, persepsi, emosi, sosial, dan imajinasi.
· Yaitu
hilangnya ciri-ciri sikap sosial yang lama dan berganti dengan ciri-ciri sikap
sosial yang, misalnya egosentris yang hilang berganti dengan sikap prososial
C.
PERKEMBANGAN INTELEK PESERTA DIDIK
Perkembangan Intelektual
ataupun kognitif merupakan proses yang didalamnya mengaitkan proses
mendapatkan, menyusun, mengunakan pengetahuan, dan pula kekuatan mental semacam
berpikir, mengamati, mengingat, menganalisis, mengevaluasi serta membongkar
perkara dengan berinteraksi dengan lingkungan. Intelek merupakan kekuatan
mental yang menyebabkan manusia bisa juga berpikir kegiatan yang berkenaan
dengan proses berpikir. Intelegensi ialah suatu kemampuan yang diperoleh
melalui keturunan serta tidak banyak dipengaruhi oleh lingkungan. Dalam batas-
batas tertentu, lingkungan pula ikut berfungsi dalam pembentukan intelegensi.
Ikatan antara intelek dengan tingkah laku. Kemampuan berpikir abstrak
menampilkan kalau perhatian seorang pada peristiwa dan peristiwa yang tidak
konkrit, semacam pilihan pekerjaan, corak hidup bermasyarakat, pilihan pasangan
hidup yang sebenarnya masih jauh di depannya, dan lain- lain. Untuk remaja,
corak ini perilaku pribadinya di hari depan serta corak tingkah lakunya
sekarang akan berbeda. Keahlian abstraksi akan berperan dalam perkembangan
kepribadiannya. Mereka sanggup memikirkan prihal itu sendiri. Pemikiran itu
terwujud dalam refleksi diri, yang selalu juga mengalah ke penilaian tentang
dirinya tidak senantiasa diketahui orang laindan pula bahkan selalu terlihat
usaha seorang untuk menyembunyikan ataupun merahasiakannya. Setiap pendapat
orang tua dibanding dengan teori teori yang diikuti atau diharapkan. Perilaku
kritis ini ditunjukkan dalam hal- hal yang sudah umum baginya pada masa
sebelumnya,
D.
PERKEMBANGAN HUBUNGAN SOSIAL PESERTA DIDIK
Pengertian Hubungan Sosial Teori psikologi yaitu telah
mengungkapkan bahwa manusia tumbuh dan berkembang dari masa bayi ke masa dewasa
melalui beberapa langkah, tahapan, dan jenjang. Kehidupan anak pada dasarnya.
E.
FAKTOR-FAKTOR
YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN
Persoalan
tentang faktor faktor apa yang memberdayakan ataupun mempengaruhi perkembangan,
dijawab oleh para pakar dengan berbagai tanggapan.
Para
pakar yang beralirandalam “Nativisme” berpendapat kalau suatu perkembangan individu semata-mata
ditentukan oleh faktor pembawaan. Jadi perkembangan individu ialah semata-mata juga bergantung kepada faktor dasar ataupun pembawaan. Tokoh utama
aliran ini yang terkenal yakni adalah Scopenhauer.
Berbeda pula dengan aliran
Nativisme, yang dimana para pakar yang mengikuti aliran“ Empirisme” ataupun
disebut juga aliran enviromnetalisme berpendapat kalau pertumbuhan individu itu
semestinya dan sepenuhnya ditentukan oleh faktor lingkungan/ pendidikan,
sementara itu juga faktor dasar/pembawaan tidak berpengaruh sama sekali. Aliran
empririsme ini serta menjadika sesuatu faktor dalam lingkungan/ pembawaan maha
kuasa dalam memastikan perkembangan seseorang individu. Tokoh aliran ini
merupakan John Locke.
Aliran yang terlihat juga menengahi
kedua komentar aliran yang ekstrim di atas merupakan aliran“ Konvergensi” yang
dimana dengan tokohnya yang terkenal yakni William Stern. Menurut aliran
Konvergensi adalah, perkembangan individu itu sesungguhnya juga ditentukan oleh
kedua kekuatan tersebut. Ialah baik faktor dasar ataupun pebawaan maupun juga faktor
lingkungan/ pendidikan keduanya secara convergent akan menentukan ataupun
mewujudkan perkembangan seseorang individu
KESIMPULAN
Di lihat dari segi pendidikan,
kemampuan tiap peserta didik juga harus dipupuk serta dikembangkan. Peserta
didik akan merasa aman secara psikologisnya apabila pendidik dapat menerima
peserta didik dengan/ dalam keadaan apapun. Pendidik juga mengusahakan suasana
yang dimana peserta didik tidak dapat dinilai oleh orang lain, dan juga tugas
pendidik yakni memberikan pengertian terhadap/ kepada para peserta didik yang
membutuhkannya. Dalam penyelenggaraan ini pendidikan butuh diperhatikan sarana
dan prasarananya. Disamping itu juga perkembangan emosi peserta didik sangat
erat kaitannya dengan faktor- faktor tertentu. Sekolah juga merupakan titik
tolak dasar untuk pengembangan hubungan sosial terhadap peserta didik, para
peserta didik harus sanggup juga saling menghargai antara yang satu dengan yang
lainnya dan sekolah hendaknya memberikan pola pengajaran yang demokratis
terhadap/ kepada para peserta didik. Kita sebagai individu yang sedang tumbuh
dan serta berkembang, maka dari itu proses pertumbuhan dan perkembangan peserta
didik sangat di pengaruhi oleh adanya interaksi antara 2 faktor yang sama- sama
berperan sangat penting
REFERENCE
Hurlock, E.B.1993.Psikologi
Perkembangan.Jakarta: Erlangga
Husdarta. Kusmaedi,
Nurlan.2010.Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik . Bandung: Alfabeta
Hurlock, Elizabeth B, Developmental
Psychology, Terjemahan. Istiwidayanti dan Soedjarwo, Psikologi Perkembangan
Sepanjang Rentang Kehidupan, Jakarta: Erlangga, Tahun1980
Santrock, Jhon, Life-Span Development,
Boston, Pearson Education, 1995
Komentar
Posting Komentar